Universitas Teknologi Bandung (UTB) resmi membuka rangkaian acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Pena Baru 2024

blog-img 20 September 2024

Universitas Teknologi Bandung (UTB) resmi membuka rangkaian acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Pena Baru 2024, acara dimulai dengan sambutan hangat dari Rektor Universitas Teknologi Bandung, Muchammad Naseer, S.Kom., M.T. yang menyampaikan harapannya kepada para mahasiswa baru. Beliau menekankan pentingnya inovasi dan kolaborasi dalam menghadapi tantangan masa depan. “Di era yang penuh dengan perubahan ini, saya berharap kalian mampu berkreasi dengan hati dan membawa inovasi yang bermanfaat bagi negeri ini,” ujar Muchammad Naseer.

Dalam rangkaia kegiatan yang dihadiri Rektor, seluruh pimpinan universitas, fakultas, serta dosen-dosen turut hadir dan memberikan motivasi kepada para mahasiswa baru. Mereka menekankan pentingnya semangat belajar, keutuhan, dan pengembangan diri selama menempuh pendidikan di UTB.

Setelah sesi pembukaan, acara dilanjutkan dengan momen simbolis berupa penyematan topi bagi mahasiswa baru. Penyematan ini dilakukan oleh Rektor dan Wakil Rektor Universitas Teknologi Bandung, sebagai tanda resmi bahwa mereka telah menjadi bagian dari keluarga besar UTB. Suasana penuh semangat dan antusiasme terlihat dari wajah para mahasiswa baru yang bersemangat untuk memulai perjalanan akademik mereka di universitas ini.

Acara dilanjutkan dengan perkenalan pejabat struktural universitas, dimulai dari Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Dr. Rina Indrayani, S.E., M.M. yang menekankan pentingnya keseimbangan antara prestasi akademik dan pengembangan soft skill di luar perkuliahan.

Selanjutnya, Wakil Rektor Bidang Prasarana, Sumber Daya, Keuangan, dan Aset, Iswan Bugis, S.M. menjelaskan fasilitas-fasilitas dan alur pembayaran yang tersedia di UTB untuk mendukung proses pembelajaran siswa. Lalu, Wakil Rektor Bidang Penelitian, Inovasi, dan Creativepreneur, Harya Gusdevi, S.Kom., M.Kom. mengajak mahasiswa untuk aktif berinovasi dan menjalin kerja sama dengan dunia industri.

Terakhir, Wakil Rektor Bidang Humas, Kerjasama, dan Alumni, Danny Aidil Rismayadi, S.SI., M.Kom. memaparkan pentingnya jaringan kerjasama yang luas, publikasi media dan berita baik di dalam maupun luar negeri, guna mendukung karier mahasiswa setelah lulus.

Salah satu sesi yang paling ditunggu-tunggu pada hari pertama PKKMB adalah kuliah umum yang disampaikan oleh Ibu Hevy Pratiwi, S.I.Kom., M.M, Ketua Divisi Humas, Tata Usaha, dan Kerjasama serta Penelaah Teknis Kebijakan di LLDIKTI Wilayah IV, Kemendikbudristek. Dalam kuliah umum tersebut, hadir pembicara dari LLDIKTI Wilayah IV, TNI dan Polri yang mengangkat topik tentang “Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia dan Peran Mahasiswa Menuju Indonesia Emas 2045.”